Sabtu, 24 November 2012

Cara Mengatasi Malas Belajar yang Efektif

Siapa yang tidak pernah malas belajar? Pada umumnya semua kalangan usia saat masih duduk di bangku sekolah akan mengalami penyakit ini. Terutama anak-anak yang masih ingin lebih banyak bermain dibandingkanbelajar karena mereka menganggap belajar itu adalah hal yang membosankan dan tidak menyenangkan. Jika kebiasaan ini dibiarkan terus menerus akan menjadi kebiasaan buruk dan menciptakan kebiasaan dan karakter yang buruk. Bagi Anda yang masih menjalani masa-masa belajar dan bagi anak-anak yang masih di bangku sekolah, terdapat cara untuk mengatasi kebiasaan buruk tersebut.

Berikut ini cara mengatasi malas belajar yang efektif :

  1. Ganti Pelajaran.
    Jika sudah begitu sangat sulit untuk memahami dan mengetahui maksud dari pelajaran yang dipelajari, sebaiknya ganti mata pelajaran dengan materi yang lebih mudah atau lebih menyenangkan.
  2. Istirahat Sejenak.
    Belajar terlalu lama akan membuat Anda merasa bosan dan jenuh, maka luangkan waktu sebentar untuk istirahat sejenak untuk minum, mendengarkan musik atau duduk saja.
  3. Mempelajari Pelajaran yang Disenangi Dahulu.
    Agar Anda tidak merasa tertekan atau stress dengan pelajaran sulit atau yang tidak disenangi, sebaiknya pelajari pelajaran yang mudah dan disenangi dahulu agar Anda akan terbawa senang untuk mempelajari pelajaran lainnya.
  4. Memberikan Motivasi Kepada Anak.
    Anda bisa memberikan pujian agar anak merasa senang dan terbujuk untuk belajar karena biasanya anak akan senang jika dipuji.
  5. Hibur hati yang tak Menentu.
    Caranya dengan menghibur dan memberi bujukan pada hati sendiri. Biasanya hati yang terhibur akan mudah untuk fokus melakukan sesuatu seperti belajar supaya pelajaran mudah dipahami.
  6. Gemar Membaca Buku.
    Membaca buku akan mendatangkan pengetahuan yang banyak kepada Anda. Gemar membaca buku menjadi langkah awal untuk rajin belajar. Karena belajar identik dengan membaca.
  7. Berpindah-Pindah Tempat.
    Biasanya kalau belajar hanya di satu ruangan lama-kelamaan merasa bosan dan malas, sebaiknya kalau sudah malas berpindahlah tempat untuk mencari suasana yang baru.
  8. Berpindah Posisi.
    Belajar terlalu lama membuat gerah,cara mengatasinya dengan berganti-ganti posisi,contoh: awalnya duduk di kursi lalu berdiri atau duduk di lantai asalkan jangan belajar dengan posisi tiduran atau tengkurap karena sangat memungkinkan untuk mengantuk.

Belajar adalah hal yang penting untuk masa depan dan kemajuan Anda. Belajar memang bukan komponen utama dalam kesuksesan Anda, tetapi belajar adalah komponen yang harus dimiliki agar dapat mendukung komponen lainnya di dalam kehidupan Anda. Biasakan untuk rajin belajar daris sekarang karena hal tersebut akan memberikan manfaat dan dampak postif dan manfaat yang besar. Contohnya : jika Anda suka dengan gaya harajuku Jepang, Anda bisa belajar untuk memakai baju harajuku yang benar untuk mengekspresikan diri.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar